Jmol

Tutorial Cara Menjalankan Aplikasi Jmol
Jmol merupakan aplikasi kimia molekular untuk 3D struktur kimia yang berbasis java. Aplikasi ini merupakan cross-platform, berjalan di sistem operasi Windows, Mac OS X, dan Linux / Unix. Aplikasi Jmol ini membutuhkan persyaratan komputer dengan suport dengan java 1.4 keatas. Jmol memiliki beberapa fitur-fitur yang tersedia di aplikasi kimia tersebut. Fitur-fiturnya melibatkan bahan kimia, bahan kristal, dan bahan biomolekul dengan cara dapat membaca jenis file dan output dari program kimia kuantum, animasi multi-frame file. Jmol memuat suatu struktur yang dapat dirotasi untuk melihat sisi yang berada di seberangnya, sehingga Jmol dapat menganalisa suatu gambar yang sudah ada secara mendetail. Aplikasi ini bisa di download disitus resminya> http://jmol.sourceforge.net/download/. Untuk aplikasi jmol ini tidak membutukkan persyaratan komputer yang neko-neko, yang penting komputer yang digunakan suport dengan java 1.4 keatas. Tutorial instalasi untuk masing-masing sistem operasinya bisa di lihat disitusnya.

Berikut ini adalah contoh hasilnya

Untuk menggambar senyawa sesuai dengan keinginan, yang pertama kali ada lah membuka jmol dengan tampilan polos.

Lalu pada menu tool bar nya klik pada gambar ikon “Open the model kit“

Setelah di klik akan muncul tampilan seperti ini

Nah langsung muncul senyawa CH4. Untuk merubah senyawa ini dapat klik kanan di sembarang tempat di layar yang berwarna hitam lalu pilih ikon yang bergambar senyawa dan pilih jenis senyawanya. Misalnya CH3NO2 dan inilah yang muncul

Software ini sangat bermanfaat bagi kita yang ingin mempelajari lebih dalam tentang senyawa, selain itu, software ini juga dapat membantu kita mempermudah belajar kimia. So, tunggu apalagi, download aplikasinya dan install sekarang juga. Selamat mencoba….