Hyperchem

Hyperchem adalah salah satu aplikasi kimia komputasi yang relatif mudah untuk digunakan karena sifatnya yang langsung bisa menunjukkan tampilan dari apa yang hendak kita buat. Meskipun demikian ini hanyalah sekelumit tentang kemampuan Hyperchem yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan media belajar yang sederhana namun secara komputasi kimia dibenarkan. Tentu saja kalau semua kita lakukan dengan benar, tidak asal gambar, seperti sebelum menggunakan software layaknya Hyperchem ini.
HyperChem ini dikembangkan oleh HyperCube Inc untuk sistem operasi Windows 95/98, Windows NT, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Linux. HyperChem merupakan program pembuat model molekul canggih yang dikenal karena kualitas, fleksibilitas serta penggunaannya yang mudah. Dengan menggunakan HyperChem, kita dapat membuat struktur molekul dalam bentuk tiga dimensi (wijayanti).

Fungsi utama program HyperChem ini adalah menampilkan struktur molekul tiga dimensi. Namun fungsi HyperChem tidak sebatas hanya menampilkan struktur, tapi juga dilengkapi dengan fungsi-fungsi yang lain. Fungsi-fungsi tersebut antara lain adalah:
1. Membuat model struktur molekul dari atom-atom dan menampilkannya dalam bentuk tiga dimensi.
2. Membuat model protein dan asam nukleat dari residu standarnya serta modifikasinya
3. Membuat model molekul dari Protein Data Bank.
4. Menata ulang molekul dengan rotasi, translasi maupun zoom.
5. Mengubah tampilan molekul (Rendering).
6. Perhitungan-perhitungan kimia dengan berbagai metode, seperti dinamik melekuler, mekanika molekuler, semiempirik dan mekanika kuantum.

Step untuk menggunakannya yaitu (Urip):
1. Dengan menggunakan Windows, kita mulai dari klik Start, All Program, Hyperchem Release x, Hyperchem.
2. Selanjutnya ikuti langkah pada gambar berikut.
3. Ini hasilnya setelah dipilih Atom P dan di-klik-kan pada area kerja.
4. Berikutnya add hidrogen dari menu Build kemudian klik Add hidrogen untuk memunculkan atom H, meskipun atom H tampilannya bertumpuk kita bisa memutar dengan klik tool rotate out of plane sesuai langkah yang terterah pada gambar. Cara menyeleksi atom H yang akan diganti dengan Cl adalah dengan klik tool select hingga berubah warna.

5. Selanjutnya ubah atom H dengan atom Cl hingga atom H menjadi Cl, caranya klik menuBuild, Default Element (akan muncul semacam tabel periodik dan pilih Cl), klik-kan tepat di tengah bulatan seleksi atom H tadi, kalau sudah berubah menjadi Cl artinya sudah terganti H menjadi Cl. Lakukan pada semua H sebagaimana yang diinginkan.

6. Lakukan optimasi geometri agar bentuk molekulnya menjadi benar secara kimia komputasi dengan standar hitungan dengan menggunakan salah satu metode, misalnya di sini saya gunakan metode Molecular Mechanic. Klik menu Setup pada menu bar. Klik Molecular Mechanichingga tercentang terus klik Ok.
7. Selanjutnya kita lakukan optimasi geomteri terhadap bentuk molekul yang kita buat. Klik menuCompute, Klik Geometry Optimation… dan klik Ok saja begitu menu pop-up muncul. Selanjutnya tunggu hingga proses optimasi selesai yang ditandai dengan Converged = YES. (ini ada pada bagian status bar, terletak dibagian bawah layar kerja Hyperchem.
8. Berikut kalau kita ingin menampilkan hasil dalam berbagai model, seperti yang ditawarkan pada menu Display, Rendering, pilih metode rendering yang kita inginkan.

Oleh urip
9. Berikut tampilan beberapa hasil rendering:

Stick

Tube

Ball
Bagaimana, menarik bukan??
Tunggu apalagi? Buruan dicoba… ^_^